9 Summers 10 Autumns (Dari Kota Apel ke The Big Apple)

Posted on

Novel motivasi tidak disangkal lagi telah menjadi kebutuhan di negeri ini. Tidak cukup tetralogi Laskar Pelangi  karya Andrea Hirata yang melegenda itu dan novel laris Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang telah terbukti sukses besar di ranah pemasaran buku di tanah air, novel-novel yang bersifat motivasi bermunculan bak jamur tumbuh di musim hujan. Latar belakang cerita yang diusung berbeda-beda, beragam warna kehidupan ditampilkan.

Novel karya Iwan Setyawan yang bertajuk analogi sederhana tentang buah apel ini menampilkan sukses besar yang diraih seorang anak supir angkot dari kota apel (Batu, Jawa Timur) di salah satu barometer kota paling maju di abad ini, yaitu New York City.

Novel yang diinspirasi oleh kisah nyata penulisnya ini dibawakan dengan kalimat yang mengalir sederhana, disertai puisi-puisi karya Dostoevsky yang merupakan salah satu penulis kebanggaan sang pengarang.

Cinta seorang ibu dan teladan serta kasih sayang seorang ayah digambarkan secara memikat dalam novel ini sebagai pemacu semangat tiada henti yang telah dirasakan seorang Iwan Setyawan sepanjang hidupnya. Hal itu juga yang telah banyak memberinya bahan bakar untuk mengayuh roda kehidupannya yang sangat sederhana di kota Batu, menuju kehidupan yang sangat bertolak belakang di New York City, USA yaitu sebagai salah satu direktur perusahaan terkemuka AC Nielsen.

Semangat pantang menyerah dan ambisi yang cukup kuat dalam berbagai kondisi perlu didukung oleh rasa cinta dan dicintai oleh sesama. Mungkin itu yang coba ditampilkan oleh seorang Iwan Setyawan kepada pembaca. Mengasah spirit logika dan emosi secara bersamaan dalam meraih mimpi.

Banyak pelajaran berharga dapat dipetik dari novel ini. Menjadikannya salah satu koleksi di rak buku setiap anak muda dan juga orang tua negeri ini rasanya bukanlah hal yang perlu dipertanyakan manfaatnya.

“When there is love, you can live even without happiness” – Dostoevsky

Akhir kata, selamat membaca !

Jakarta, 18 April 2011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s