Mari Berkhayal !

Posted on

Ditulis dalam rangka Hari Buku Nasional 17 Mei 2011

Khayalan 1# Buku pelajaran di setiap sekolah di Indonesia diberikan secara gratis kepada seluruh murid. Sudah tersampul rapi, sehingga memperlihatkan penghargaan sang pemberi terhadap buku itu sendiri. Sebuah sikap yang ingin ditularkan kepada anak-anak yang membacanya. Ada gambar tokoh di bagian depan setelah sampul di tiap buku pelajaran sesuai subjek masing-masing. Misal : buku pelajaran Matematika, di halaman pertama ada tokoh kartun atau apa saja yang menarik bagi anak-anak yang menyerupai angka 2. Tokoh itu berfoto bersama dengan teman-temannya yang dibentuk dari lambang ‘+’, terus ‘x’, dan bila mungkin sebuah angka pecahan. Mereka terlihat bahagia sambil berpesan pada pembaca untuk ‘mencintai’ mereka sebagaimana mereka juga ‘mencintai’ pembacanya. Tertulis di halaman berikutnya “Selamat Saling Mencintai”… (upss !?)

Khayalan 2# Ada perpustakaan milik negara di tiap mal. Berlebihan ga sih ? Namanya juga khayalan, tidak ada tolok ukur apapun, yang penting memuaskan sang pengkhayal. Kan bangun mal mahal, yang sewa juga harus bayar mahal dong…memang negara sanggup ? Kan negaranya kaya, masak ga sanggup. Kaya apa ? Ya kaya uang dong, masak kaya monyet !

Khayalan 3# Kalau sedang nongkrong di café (jangan nongkrong ah, melepas waktu luang dengan minum kopi buatan café, maksudnya) tengok kanan kiri, semua orang pada bawa buku masing-masing, ga cuma otak atik blackberry aja. Jangan juga yang berkhayal ini ga bawa buku yaa… Masak suruh orang lain bawa buku diri sendiri ga bawa. Malu dong ya…

Khayalan 4# Bangunan tempat menyimpan buku di tiap sekolah dan atau kampus yang disebut perpustakaan adalah tempat terindah dan ternyaman di kawasan tersebut. Maksudnya, tidak kalah nyaman dengan mushola. Walaupun bukan berarti nyaman untuk tidur ya. Misal : Banyak pohon rindang di bagian luarnya. Pot-pot berisi tanaman yang sesuai dengan interior ruangan tersedia juga di dalam. AC dipastikan selalu terpasang dengan suhu yang sesuai untuk membuat penghuni di dalamnya betah berlama-lama membaca. Rak bukunya disusun secara rapi dan indah. Bagus lagi kalau dekorasi tiap ruangan disesuaikan dengan tema buku yang tersimpan di dalam rak-raknya. Beberapa rak buku yang berisi sejarah dan seluk beluk Indonesia bagian timur, warna raknya disesuaikan mungkin dengan warna favorit suku Asmat di Irian Jaya yang terkenal itu. Ditambah lukisan bergambar ornament atau kerajinan khas daerah tersebut pastinya lebih menarik. Membuat orang ingin tahu lebih dalam tentang misteri dibalik dekorasi tersebut (wuihh !).

Khayalan 5# Orang-orang kita kan paling suka sama yang namanya gadget. Tidak atau kurang ‘update’ sama yang namanya gadget sih jaman sekarang mendingan bunuh diri (ekstrim sih kalo ini !). Jadi, bagaimana kalau ada aplikasi yang disediakan oleh operator telpon selular yang wajib didownload oleh anak sekolah dan kaum terpelajar lainnya yang isinya reminder buat membaca buku dan kemudian menelaah (mereview) buku tersebut. Mungkin tiap minggu atau senin, atau hari apa aja yang tidak dianggap ‘pamali’ (Duh, masih ada ya ‘pamali’…) ada pop-up message yang bunyinya “sudahkan anda membaca buku minggu ini ?” atau “mau tahu dong buku yang paling kamu suka minggu ini” kalau mau agak lebay sedikit. Kemudian, di kolom isiannya, ada kolom untuk review isi buku tersebut, terus hasil review buku itu terhubung dengan semacam blog milik orang yang mengisi. Identitas tiap blog tentunya sesuai dengan nomor telepon masing-masing. Bagi yang reviewnya paling banyak disediakan hadiah khusus. Udah lengkap belum ya khayalannya ?

Khayalan 6# Beli lipstick dapat voucher diskon beli buku tentang ‘attitude’, beli tahu dapat buku resep cara memasak tahu yang baik dan benar. Didalam buku resep tersebut ada voucher diskon untuk membeli buku yang berisi manfaat kedelai dan produk olahannya bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Jadi, beli lipstick berakibat cantik luar dalam, dan beli tahu berakibat sehat jiwa raga. Udah cukup ‘ok’ belum ya ?

Udah ah…wake up, guys, it’s time to do small things for big things !

Jakarta, 18 Mei 2011

Iklan

2 thoughts on “Mari Berkhayal !

    Momo said:
    Mei 18, 2011 pukul 6:09 am

    The smallest thing : selalu ingetin diri sendiri utk membaca buku..buku apapun itu..setiap saat..karena satu detik sangat berarti..:))

      nastitidenny responded:
      Mei 18, 2011 pukul 8:49 am

      Bener ! Kadang heran jg, kok ada ya yg ga suka baca buku… Yaahh, namanya orang beda2 ya, yg penting bisa saling mengisi dan bermanfaat bagi orang lain lwt cara apapun 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s