11 Patriot – Andrea dan PSSI

Posted on Updated on

Andrea Hirata, penulis novel fenomenal Laskar Pelangi, kembali untuk pembacanya dalam sekelumit kisah tentang sepak bola.

Dunia sepak bola, yang nyaris tidak terbahas dalam novel-novel Andrea sebelumnya, kali ini hadir secara utuh sebagai bagian dari kehidupan Andrea kecil di pedalaman Belitong. Suguhan istimewa Andrea kali ini sekaligus memberikan sebuah informasi singkat kepada pembaca yang semula (mungkin) hanya mengetahui catur adalah satu-satunya olah raga kegemaran penulis kelas dunia ini.

Berawal dari kehadiran sebuah foto usang ke tangan Ikal kecil, kisah ini bermula. Foto sang ayah menggenggam piala kebanggaan dalm balutan kostum sepak bola. Sebuah kisah penuh luka menguak ke permukaan. Kegigihan sang ayah memenangkan pertandingan demi pertandingan melawan Belanda di lapangan bola kala usianya masih belasan tahun, berujung petaka bagi sang ayah. Belanda, dibawah bendera VOC, tidak ingin melihat sebuah kesebelasan yang terdiri dari kuli negara jajahannya memenangkan pertandingan melawan mereka. Dengan caranya sendiri  mereka membuat pahlawan kesebelasan kuli tersebut berhenti berjuang di lapangan bola.

Cacat fisik tetap yang diderita sang ayah akibat perbuatan Belanda kala itu menyulut api semangat Ikal kecil untuk terus berjuang menjadi pemain PSSI junior, mengejar mimpi sang ayah yang kandas di tengah kegemilangan prestasinya.

Perjuangan Ikal yang dilandasi semangat mewujudkan cita-cita sang ayah ditambah dengan semangat patriotisme yang berkobar-kobar menjadi inti dari cerita Andrea tentang dunia sepak bola ini.

Namun demikian, bukanlah seorang Andrea Hirata kiranya bila kisah patriotik ini tidak dibumbui dengan kelakar segar tentang ironisme sebuah perjuangan besar yang merupakan salah satu ciri khas gaya penulisannya.

Andrea berusaha menampilkan guratan wajah dunia sepak bola tanah air dalam siluet kenangan seorang ayah, yang telah menginspirasinya untuk terus memupuk harapan indah ditengah segala carut marut negerinya ini.

 

Jakarta, 22 Juli 2011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s