Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar

Posted on

“You can take me out from Indonesia, but you can never take Indonesia out from me”

Merry Riana, lahir dan tumbuh di sebuah keluarga serba kecukupan, bercita-cita melanjutkan sekolahnya ke universitas ternama di Jakarta selepas lulus SMA. Diluar keinginannya, keputusan sang ayah untuk melepas jabatannya di sebuah perusahaan asing ternama yang membuat perekonomian keluarganya menurun drastis disusul meletusnya tragedi bulan Mei 1998, mengharuskan dirinya yang keturunan Tionghoa untuk tinggal dan bersekolah di Singapura dengan dana hutang yang diberikan oleh Development Bank of Singapore.

Jauh dari orang tua yang memeluk dan menyayanginya mungkin masih bisa ia hadapi sebagai bagian dari kewajiban seseorang yang beranjak dewasa dan dituntut untuk lebih mandiri. Namun, diluar itu semua, jumlah dana pinjaman untuk biaya hidup seminggu yang hanya mampu untuk membeli makan selama 2 hari adalah ujian berat ditengah-tengah kewajibannya menghadapi tekanan bersekolah dengan standard tinggi di Nanyang Technological University Singapore. Masalah serupa tidak dihadapi oleh sesama mahasiswa asal Indonesia yang orang tuanya mampu mengirim dana tambahan untuk biaya hidup mereka. Merry Riana tidak. Kondisi ekonomi keluarganya di Jakarta kian memburuk dari hari ke hari. Menyekolahkannya ke Singapura adalah salah satu alasan orang tuanya untuk dapat mencetak anaknya menjadi sarjana yang berkualitas tanpa biaya, karena dana hutang yang diberikan untuk menuntut ilmu di negeri Singa tersebut dapat dikembalikan dengan cara dicicil setelah mahasiswanya lulus dan mendapatkan penghasilan tetap.

Tahun pertama masa perkuliahannya di Singapura menjadi momen yang tidak akan pernah dilupakannya seumur hidup. Hidup super hemat kalau tidak bisa disebut tidak manusiawi lagi dengan bekal $10 seminggu dirinya hanya dapat sarapan indomie bekalnya dari Indonesia dan selapis roti tawar tanpa asesori untuk makan siangnya. Air keran di Singapura yang terjamin kebersihannya membuatnya bersyukur karena itu berarti ia masih bisa minum air keran untuk menghilangkan haus karena tak mampu membeli air minum. Hang out ke café di akhir minggu atau berjalan-jalan di Orchard Road tidak pernah ada di jadwal hidupnya kala itu.

Pertemuannya dengan Alva Tjenderasa yang dikemudian hari menjadi pasangan hidupnya membuatnya yakin bahwa ia tidak sendiri dalam menghadapi kesulitan. Bersama Alva, Merry Riana yakin bahwa apapun kesulitan yang dihadapinya saat itu adalah bekal yang sangat berharga kelak.

Giat mencari penghasilan tambahan untuk membuatnya bisa makan sehari 3 kali bersama Alva yang kuliah di universitas yang sama menempa mentalnya menjadi kian tangguh dari hari ke hari.

Alberthiene Endah, penulis kisah penuh inspirasi ini adalah seorang penulis biografi kawakan yang telah menuliskan berbagai pengalaman hidup tokoh-tokoh terkenal tanah air seperti Probosutedjo, Chrisye, Krisdayanti, serta Damoo Punjabi. Gaya penulisannya yang sederhana tapi memikat membuat cerita yang disajikannya begitu hidup. Pembaca seolah sedang menikmatinya langsung dari sang narasumber.

Saat ini Merry Riana adalah seorang pengusaha sukses yang telah mempunyai berbagai macam bisnis di Singapura diantaranya adalah bidang jasa keuangan, bidang seminar dan motivasi serta bidang non profit. Nanyang Technological University pada tahun 2006 menganugerahinya Nanyang Outstanding Young Alumni Award sebagai alumni yang telah memperoleh pencapaian nasional karena kontribusi signifikan yang diberikan dalam profesinya sehingga menciptakan nama baik dan kehormatan bagi universitas. Pencapaiannya meraih penghasilan 1 juta dolar diusianya yang ke 26 dan kesuksesannya berkarir di bidang keuangan mengantarnya meraih Spirit of Enterprise Award pada tahun 2008 dari Menteri Perdagangan dan Industri Singapura.

Mungkin setelah membaca buku ini akan banyak yang berpikir bahwa kisah perjuangan Merry Riana banyak dialami oleh orang Indonesia yang lain. Tidak sedikit bahkan yang mengalami kehidupan yang lebih sulit dan menantang. Namun demikian, tidak banyak yang melakukan apa yang telah dilakukan Merry Riana. Merry Riana, pengusaha muda, motivator wanita no 1 di Asia, model untuk Estee Lauder, duta untuk Canon Singapura, Watson Asia Tenggara dan LG Asia ini mendedikasikan hidup dan cintanya untuk tanah airnya dengan memilih untuk tinggal di Indonesia serta membagi kisahnya kepada kita semua melalui buku ini dan sebuah buku yang ditulisnya sendiri dengan judul A Gift from a Friend yang telah mencetak Bestseller. Ia ingin harapan yang satu per satu berhasil diraihnya dapat tumbuh pada diri setiap generasi muda bangsanya.

Judul               : Mimpi Sejuta Dolar

Penulis            : Alberthiene Endah

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun              : 2011

Tebal              : 362 halaman

Iklan

One thought on “Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar

    merryrianamlg said:
    Februari 23, 2012 pukul 12:40 am

    Salam kenal,
    Permisi min, ada info untuk
    seminar Mimpi Sejuta Dolar yang akan diadakan di kota Malang Jawa Timur, untuk info lebih lanjut silahkan datang aja ke http://merryrianamlg.blogspot.com
    atau follow @merryrianamlg

    terima kasih, 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s