Sesi 2 – Menulis Biografi

Sesi kedua dalam acara ini adalah satu bagian yang dibawakan langsung oleh penggagas acara Wordisme yaitu Alberthiene Endah. Moderator sesi ini adalah wartawan terkenal suami aktris Nurul Arifin, Mayong Suryolaksono. Bagi Mayong, ini bukanlah kali pertamanya menjadi moderator bagi talkshow dengan narasumber Albertiene Endah (AE). Suasana hangat dan nyaman dapat segera dirasakan peserta Wordisme dengan hadirnya celoteh santai antara AE dan Mayong yang terlihat akrab baik antara satu sama lain maupun dengan peserta.

AE membuka penjelasan di sesi ini dengan menguraikan terlebih dahulu arti Biografi itu sendiri. Biografi adalah kisah/data tentang perjalanan hidup manusia.
Tulisan biografi yang baik adalah sebuah kisah yang menjual pesan kehidupan.
Berdasarkan pengalamannya menulis berbagai buku tentang biografi tokoh-tokoh tanah air seperti Probosutedjo, Ani Susilo Bambang Yudhoyono, Krisdayanti, Chrisye, Damoo Punjabi dan yang terbaru adalah Merry Riana, AE memberikan beberapa tips menulis biografi sebagai berikut :

– Pada dasarnya langkah awal menulis biografi tidak berbeda dengan pekerjaan seorang wartawan, yaitu mewawancarai sang narasumber
– Mental yang tangguh serta kesabaran dibutuhkan dalam mengumpulkan data dari narasumber
– Penulis biografi mesti pandai menjaga emosi yang mungkin timbul disela-sela tanya jawab dengan narasumber. Ketidakberpihakan penulis selama mendengar dan menyelami kehidupan narasumber dibutuhkan, sementara itu kepekaan merasakan apa yang dirasakan narasumber di tiap kejadian sangatlah penting.
– Selama menuangkannya ke dalam tulisan, konfigurasi perasaan narasumber mesti tergambar dengan baik.
– Penulis harus pandai-pandai beradaptasi dengan narasumber / tokoh.

Kriteria memilih tokoh yang kisahnya akan dibukukan/ditulis diuraikan sebagai berikut :

– Punya kekayaan hidup (sesuatu yang layak dicontoh)
– Mempunyai human interest yang tinggi
– Jujur

Menurut AE, penulis biografi yang baik adalah yang mempunyai skill menulis yang baik, memiliki kepekaan dalam memahami perasaan orang lain, mudah melakukan pendekatan terhadap orang lain, dan jujur.

Jakarta, 28 November 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s